RSS

ETIKA PEDAGANG ONLINE

03 Apr

Akhir2 ini sy banyak sekali mendengar/membaca curhatan dari pengalaman teman2 yang berjualan maupun membeli secara ONLINE.

Walaupun saya sendiri belum pernah mengalami kejadian yg membuat sy  tidak nyaman dalam menjalani bisnis/membeli barang secara online, mungkin karena sy juga baru beberapa bulan ini  menjalaninya.

Menurut pendapat saya, dalam berjualan /membeli, baik secara online maupun offline harus menjalankan etika  yang baik dan benar. Diantara keduabelahpihak harus menghasilkan Win-Win Solution. Sebagai penjual kita harus menjalankan proses bisnis yang lurus dan sesuai dengan etika2 penjualan. Begitupula sebaliknya sebagai pembeli kita juga harus mengikuti aturan2 yang sudah ditetapkan oleh penjual dan menjalankan proses pembelian dengan baik pula.

Etika yang harus diijalankan oleh PENJUAL:

-Niat (menurut saya niat sangat menentukan, karena niat berupakan apa tujuan kita berjualan? Mau berjualan dengan baik atau tidak baik, itu semua tergantung dari niat awal kita berjualan)

-Jujur(Dapat dipercaya,tidak menipu,tidak berbohong,tidak mengada ngada fakta)

-Memberikan informasi yang jelas

-Tanggungjawab

-Sabar

Menurut agama yg saya anut,Rasullulah SAW dalam hadistnya kerapkali mengingatkan para pedagang untuk berlaku jujur dalam berdagang.Berikut beberapa Sabda Rasulullah SAW:

“Wahai para pedagang,hindarilah kebohongan”.(HR.Thabrani)

“Siapa saja menipu,maka ia tidak termasuk golonganku:.(HR.Bukhari)

“Seutama-utama usaha dari seseorang adalah usaha para pedagang yang bila berbicara tidak bohong,bila dipercaya tidak berkhianat,bila berjanji tidak ingkar,bila membeli tidak menyesal,bila menjual tidak mengada-ada,bila mempunyai kewajiban tidak menundanya dan bila mempunyai hak tidak menyulitkan”.(HR.Ahmad,Thabrani dan Hakim)

 

 
Leave a comment

Posted by on April 3, 2011 in Uncategorized

 

Leave a comment